Senin, 18 Juli 2011

SMK TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Sekolah                           :  SMK NEGERI 5 SURABAYA
Kelas / Semester             :  XI / 3
Program Studi Keahlian   :  Teknik Otomotif
Kompetensi Keahlian       :  Teknik Kendaraan Ringan
Mata Pelajaran                :  Sistem Pendingin
Standar Kompetensi         :  Melakukan Overhoul Sistem Pendingin dan    Komponen - Komponennya
Kompetensi Dasar            :  Memelihara Sistem Pendingin dan Komponen - Komponennya
Kode Kompetensi             :   020.KK.3
Alokasi Waktu                  :  4 X 45 menit
A.  Indikator :
Kognitif :
1. Produk :
a)   Menjelaskan secara kualitatif fungsi dari sistem pendingin.
b)   Menjelaskan secara kualitatif komponen – komponen sistem pendingin.
c)    Menjelaskan secara kualitatif  cara kerja sistem pendingin.
d)   Menjelaskan secara kualitatif pemeliharaan sistem pendingin secara berkala.
2. Proses :
a)   Menganalisa kerusakan setiap komponen-komponen sistem pendingin.

Psikomotor :
·      Membedakan prinsip kerja sistem pendingin air dengan sistem pendingin udara.

Afektif :
·         Melakukan komunikasi meliputi presentasi , bertanya dan menyatakan  pendapat.
Karakter :
·         Jujur , peduli dan tanggung jawab.

B.  Tujuan pembelajaran
Kognitif
Produk
1.      Diberikan gambar sistem pendingin siswa dapat menjelaskan komponen-komponen pada sistem pendingin.
2.      Diberikan gambar skema kerja sistem pendingin, siswa dapat menjelaskan cara kerja sistem pendingin.
3.      Diberikan gambar sistem pendingin air dan sistem pendingin udara siswa dapat membedakan prinsip kerja sistem pendingin air dan sistem pendingin udara.

Proses
4.    Diberikan sebuah rumusan masalah, peserta dapat melaksanakan diskusi untuk menjawab rumusan masalah tersebut sesuai rincian tugas kinerja yang ditentukan.

Psikomotor
5.    Diberikan benda kerja dari salah satu komponen sistem pendingin (tutup radiator) siswa dapat menjelaskan cara kerja dari tutup radiator.

Afektif
Keterampilan Sosial
6.    Terlibat dalam KBM yang berpusat pada peserta, dapat melakukan komunikasi meliputi presentasi, bertanya, dan berpendapat.

C.  Materi pembelajaran
1.      Prinsip kerja sistem pendingin.
2.      Komponen-komponen sistem pendingin.
3.      proses pemeliharaan sistem pendingin dan komponen-komponennya.

D.  Model Pembelajaran
1.    Model          : Model Pembelajaran Langsung  (MPL)
                Model Pembelajaran Kooperatif (MPK)
2.    Metode : Ceramah, diskusi, pemberian tugas, presentasi

E.   Langkah – Langkah Kegiatan

          Pertemuan 1

Pendahuluan (± 10 menit)

1. Salam pembukaan
2. Menjelaskan tujuan dari kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai
3. Memotivasi siswa untuk mengaplikasikan fungsi pembelajaran, pemeliharaan sistem pendingin dan komponennya pada kehidupan sehari – hari.
Terlaksana / Tidak
Terlaksana / Tidak

Terlaksana / Tidak


Inti (± 70 menit)

1. Guru menjelaskan fungsi sistem pendingin, fungsi dari masing-masing komponen sistem pendingin, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan cara kerja sistem pendingin dan bagaimana pemeliharaannya.
2. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
3. Guru menjelaskan sekali lagi cara kerja sistem pendingin untuk memperjelas materi yang diajarkan.
Terlaksana / Tidak



 
Terlaksana / Tidak

Terlaksana / Tidak