Minggu, 27 Februari 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ( KELISTRIKAN OTOMOTIF )




Satuan Pendidikan                  : SMK
Mata Pelajaran                        : Kelistrikan Otomotif
Kelas                                       : X / Gasal
Pertemuan Ke                         : I
Alokasi Waktu                        : 40 Menit x 2
Standar Kompetensi               : Melakukan Perbaikan Sistem Pengapian dan       Komponen-komponennya
I.      Kompetensi Dasar
-          Siswa dapat menyebutkan komponen-komponen pada sistem pengapian
-          Siswa dapat mendiskripsikan fungsi dari komponen-komponen pada sistem pengapian
-          Siswa dapat memperbaiki komponen-komponen pada sistem pengapian

II.      Indikator
1.      Siswa mampu menjelaskan komponen-komponen dasar sistem pengapian dengan benar
2.      Siswa mampu menjelaskan fungsi komponen-komponen pada sistem pengapian
3.      Siswa mampu mengukur besar tahanan coil pengapian dengan menggunakan avometer dengan waktu kurang dari 2 menit
4.      Siswa mampu menyetel platina dengan menggunakan fuller gauge sesuai dengan SOP
5.      Siswa mampu memeriksa rugi tegangan sistem pengapian dengan menggunakan avometer

III.      Model Pembelajaran
Direct Instruction

IV.      Sumber Belajar
1.      Modul Kelistrikan Otomotif
2.      Daryanto. 1985. Sistem Pengapian dan Sistem Kelistrikan Mobil.  Bandung: Penerbit Tarsito
3.      TOYOTA. 1981. Materi Pelajaran Engine Group Step 1.  Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.
4.      TOYOTA. 1981. Materi Pelajaran Engine Group Step 2.  Jakarta: PT. Toyota Astra Motor.

V.      Alat dan Bahan
Avometer, fuller gauge,


VI.      Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Awal 5 menit
1.      Salam Pembukaan
2.      Menjelaskan tujuan mempelajari Sistem Pendingin
3.      Memotivasi dengan mencontohkan kegunaan system pendingin dalam kehidupan sehari-hari

B.     Inti 70 menit
1.      Penjelasan singkat
2.      Demonstrasi (pembahasan masalah) yang akan dibahas pada masing-masing kelompok
3.      Pembentukan kelompok dan pembagian bahan untuk diskusi kelompok
4.      Pelatihan terbimbing
5.      Presentasi.

C.     Penutup 5 menit
1.      Rangkuman materi yang disampaikan oleh guru dengan siswa
2.      Tugas untuk mempersiapkan siswa pada pertemuan selanjutnya
3.      Salam penutup

VII.      Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan :
1.      Hasil kerja kelompok
2.      Hasil kerja individu (Tulis)
==========================================================
Kelas                           : X / Gasal
Pertemuan Ke             : II
Alokasi Waktu            : 40 Menit x 2
Standar Kompetesi     : Memahami System Pembangkit Listrik Tenaga Uap
I     Kompetensi Dasar
- Siswa mampu membaca tabel sifat-sifat dari air
- Siswa mampu membaca grafik monogram dari air
- Siswa mampu menganalisa secara termodinamika system pembangkit listrik tenaga uap
II   Indikator
1.      Siswa dapat mengenal komponen-komponen yang diaplikasikan pada system pembangkit listrik tenaga uap
2.      Siswa dapat memahami system pembangkit listrik tenaga uap yang bekerja berdasarkan siklus Rankine sampai pembangkit modern
3.      Siswa dapat mengambil data-data yang diperlukan untuk menganalisa unjuk kerja system pembangkit listrik tenaga uap

III  Model Pembelajaran
Direct Instruction

IV  Sumber Belajar
1.      Modul mesin konversi energy
2.      Michael J. Moran, Howard N. Sapiro., 1988, Fundamental of Engineering of thermodynamics,2nd edition, John Wiley and sons, Canada
3.      Kenneth C. Weston, 1992, Energy Conversion, www.personal.utulsa.edu/~kenneth-weston/ di akses 25 Juni 2007
4.      Anonym, www.power-technology.com di akses 3 Mei 2007

V   Alat dan Bahan
ATK, Kalkulator

VI  Langkah-langkah Pembelajaran
B.     Awal 5 menit
1.      Salam Pembukaan
2.      Menjelaskan tujuan mempelajari system pembangkit listrik tenaga uap
3.      Memotivasi dengan mencontohkan system pembangkit listrik tenaga uap

C.     Inti 70 menit
1.      Penjelasan singkat, mengenai pengertian system pembvangkit listrik tenaga uap
2.      Demonstrasi (pembahasan masalah) yang akan dibahas pada masing-masing kelompok
3.      Bentuk kelompok sama seperti pertemuan sebelumnya.
4.      Pelatihan terbimbing
5.      Presentasi.

D.    Penutup 5 menit
1.      Rangkuman materi yang disampaikan oleh guru dengan siswa.
2.      Tugas untuk mempersiapkan siswa pada pertemuan selanjutnya
3.      Salam penutup

VII   Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan :
4.      Hasil kerja kelompok
5.      Hasil kerja individu

VIII.      Memberi Penghargaan
Bagi kelompok yang hasil kerjanya terbaik, perlu diumumkan di depan kelas.

1 komentar: