Sabtu, 03 Maret 2012

PERBEDAAN ALL NEW AVANZA DENGAN ALL NEW XENIA

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa bedanya All New Avanza dengan All New Xenia atau mungkin banyak juga yang mengira kalau kedua mobil MPV tersebut sama. Memang kedua mobil ini nyaris tidak mempunyai perbedaan yang signifikan, Hanya masalah pencitraan yang menyebabkan mobil ini nampak beda. Baiklah kali ini saya akan membahas perbedaan all new avanza dengan all new xenia.
Avanza terbagi dalam 4 tipe dan 7 varian yakni 1.3 E transmisi manual dan otomatis, 1.3 G manual dan otomatis, 1.5 G manual dan Avanza Veloz transmisi manual dan otomatis. Sementara Xenia tersedia dalam 4 varian yakni D dan M untuk Xenia bermesin 1.000 cc serta X dan R untuk Xenia bermesin 1.300 cc yang seluruhnya disertai 8 pilihan warna.

Mesin
Kedua merek menawarkan dua varian dengan kapasitas mesin yang berbeda, Xenia tetap dengan mesin 1.000 cc dan 1.300 cc, sedangkan Avanza pilihannnya adalah 1.300 cc dan 1.500 cc. Pada mesin All New Xenia dengan kapasitas 1.000 cc dibekali dengan 3 silinder.

Exterior
Pertama dari tampilan luarnya, desain secara umum memang sama, namun untuk desain foglamp agak sedikit berbeda untuk Avanza dan Xenia di beberapa tipe. Bahkan, Xenia belum menggunakan foglamp, kecuali tipe tertinggi R, sementara Avanza hanya tipe E yang minus foglamp.





Kemudian, desain dan ukuran peleknya pun kedua mobil ini berbeda. Kalau Xenia punya desain 6 palang ganda, sementara Avanza 8 palang. Kemudian ukurannya pun berbeda, Xenia ditawarkan dengan ukuran 13 dan 14 inci, maka Avanza ukurannya 14 dan 15 inci.



Interior
Begitu juga saat masuk ke interiornya. Sama-sama bernuansa dua warna, hanya saja Xenia warna keduanya lebih cerah, sementara Avanza lebih gelap. Kemudian beberapa tempat penyimpanan pun detailnya berbeda.



 

Lalu sistem entertaimentnya, memang tersedia dengan dua pilihan single dan double DIN, namun jumlah speakernya berbeda. Xenia hanya 4 speaker, Avanza ada yang 6 speaker. Lebih dalam lagi kita menyimak AC blower tengah. Xenia tipe X dan R (1.300 cc) terdapat AC blower tengah. Dan sial bagi Xenia 1.000 cc tidak terdapat komponen tersebut. Sedangkan All New Avanza sudah pakai double blower.
Jadi itulah perbedaan All New Avanza dengan All new Xenia yang saya tahu, dan pilihan tergantung dari anda, sesuai selera dan budget.

6 komentar:

  1. kog sama persis copas yea...

    http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/11/10/325293/298/22/Mau-Tau-Perbedaan-Avanza-dan-Xenia-Baru

    BalasHapus
  2. Kunjungan perdana, muantab deh....

    BalasHapus
  3. waduh main jiplak. :(

    BalasHapus